Home

Membuat Terang kabin Nissan Evalia XV


Banyak para pemilik Nissan Evalia tipe XV yang merasa lampu kabin kurang terang. Memang, beda dengan versi SV yang punya lampu model bohlam seperti biasa. Pada varian tertinggi Evalia itu penerangan hanya ada (menempel) pada roof monitor TV di plafon tengah. Itu pun cuma 4 buah bohlam LED, sementara kabin terbilang lega sampai di ruang kaki. Kalau malam hari, meski lampu dinyalakan, masih remang-remang.

Nah, biar sekalian terang di semua baris penumpang, OTOMOTIF sekaligus mengganti lampu kabin bagian belakang. Soalnya, tak mungkin mengganti lampu LED pada monitor dengan yang lebih terang. Menelusuri pasaran aftermarket, tersedia deretan lampu yang terdiri dari 18 buah LED seharga Rp 70 ribu (Gbr.1). Enaknya, dimensi lampu terbilang pas dengan rumah lampu kabin belakang.

Prosesnya tinggal copot mika lampu kabin menggunakan obeng minus berukuran kecil. Lampu tinggal ditarik perlahan, lalu ganti dengan versi LED. Nah, kuncinya pasang lampu LED yakni pada bagian terminal lampu yang bakal menggantikan aslinya. "Tidak boleh terbalik antara terminal positif dan negatif (Gbr.2), enggak bakal nyala nanti," wanti Susanto, pemilik Jayapura Motor di Pasar Onderdil Dutamas, Lt. Dasar No.7, Jaksel.

Setelah terminal lampu terpasang, lepas double tape pada bagian belakang lampu. Gunanya agar lampu LED tidak terlalu menempel dengan mika. Tak perlu cari tempat khusus untuk menempel kok. Nantinya bakal merekat dengan kabel dan terminal lampu. Next, tinggal pasang mika seperti kebalikkannya.

Kembali ke bagian depan. Lampu yang sama bakal terpasang pada area kecil di bagian atas pegangan spion tengah. Cirinya, ada 3 lubang untuk baut pemegang. Untuk menarik kabelnya mesti membuka panel penutup pilar A. Tinggal cungkil dan lepas perlahan ke arah atas. Nanti, bakal terlihat tuh 4 kabel (Gbr.3).

OTOMOTIF memilih untuk langsung menyambung kabel switch pintu sebagai trigger. Jadi, begitu pintu dibuka, lampu kabin bakal menyala. Arus positifnya diambil dari kabel yang berwarna kuning, sementara kabel putih switch pintu tadi berfungsi sebagai massa.

Tarik kabel dan selipkan melalui panel plafon supaya rapi. Jadi, yang bakal terlihat hanya kabel kecil merah dan hitam bawaan lampu LED yang ngumpet di balik plafon (Gbr.4). Sekali lagi, pastikan jangan sampai kabel positif dan negatif terbalik ya. Coba buka dan tutup pintu untuk memastikan lampu telah menyala.

Sekarang, enggak remang-remang lagi dong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar