Home

Mobil Polisi Dilengkapi CCTV

Guna membantu tugas kepolisian mengatasi berbagai masalah di lingkungan wilayah, sejak 2 bulan lalu setiap Polsek di wilayah Jabodetabek mendapat 1 unit kendaraan yang dilengkapi peralatan CCTV (Clossed Circuit Television).

Siang itu, satu unit mobil sedan Mitsubishi Lancer dengan kapasitas mesin 2.000 cc itu baru saja masuk lingkungan Polsek tak jauh dari Stasiun Kereta Api Cikini itu.

“Adanya kendaraan untuk patko (patroli kota) ini sangat membantu dalam melaksanakan tugas. Kini untuk mendokumentasi demonstrasi, tawuran hingga kejahatan lain di tempat kejadian perkara (tkp) lebih mudah untuk mendeteksi pihak pelaku dan korbannyan” ujar AKBP Subandi Sik, MH, Kapolsekto Menteng.

Peranti CCTV ini terbilang canggih. Peralatan kamera dipasang di atas atap mobil bagian depan dan bisa digerakkan sesuai target yang diinginkan melalui tombol yang ditaruh di atas console box dalam mobil.
Petugas tidak perlu repot, karena target perekaman bisa dilihat pada layar monitor mini berukuran sekitar 6 inci yang dipasang di atas dasboard. Sedang komputer pendukung dipasang dibelakang jok pengemudi.

“Tidak susah pengoperasionalnya. Memang perlu trainning sebentar. Dan ada beberapa petugas yang secara bergantian bisa mengoperasionalkan,” ujar Iptu Nababan dari seksi Patko Polsek Menteng.

Menurut Subandi, frekuensi demonstrasi dan tawuran pelajar/mahasiswa yang sangat tinggi di wilayah yang dipimpinnya membuat keberadaan mobil Patko dengan CCTV menjadi sangat penting. “Wilayah Jalan Diponegoro, Salemba dan sekitarnya sering dipakai ajang tawuran, dan kawasan Bunderan Hotel Indonesia yang sering jadi demonstrasi, bisa didokumentasi dengan peralatan ini. Apalagi bisa merekam sampai jarak maksimal 15 meter,” sebut Pamen kelahiran Blora, Jawa Tengah itu.

Keluhannya, konsumsi bahan bakar untuk mobil membawa CCTV ini boros. Sementara mobilitasnya sangat tinggi. Kalau mau irit, mobilnya bisa ganti Toyota Agya atau Daihatsu Ayla saja ndan.  (mobil.otomotifnet.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar